Sabtu, 28 Mei 2016

Review E-Commerce Tokopedia

Tokopedia
Tokopedia.com secara resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009 dibawah naungan PT. Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang berkembang cukup pesat. Tokopedia juga merupakan perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 10 juta dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).

Nama Tokopedia sendiri berasal dari gabungan kata antara "toko" dan "ensiklopedia" dimana Tokopedia diharapkan dapat menjadi ensiklopedia toko-toko online di Indonesia. Toko + Ensiklopedia = Tokopedia. Sistem pembayaran di Tokopedia menggunakan sistem rekening bersama atau disebut dengan escrow yang diharapkan dapat meminimalisir adanya tindakan penipuan.


Tampilan Website

Home Page Tokopedia

Menurut saya, tampilan website Tokopedia cukup menarik dan simple dengan perpaduan dua warna utama yaitu putih dan hijau sehingga membuat para pengunjung tidak sulit untuk mencari barang yang diinginkan. Tokopedia juga menyediakan jutaan produk yang tergabung menjadi 21 kategori besar seperti kecantikan, kesehatan, rumah tangga, dan lainnya.


Logo dan Maskot
Logo Tokopedia

Logo Tokopedia cukup simple yaitu dengan tulisan nama e-commerce sendiri Tokopedia dengan warna hijau yang identik dengan bumi dimana merupakan lambang dari kerendahan hati dan ketenangan. Tokopedia selalu berusaha untuk tidak egois dan selalu melihat dari sisi pengguna karena sebagai besar fitur-fitur yang terdapat di Tokopedia berasal dari masukkan para Toppers (sebutan pengunjung Tokopedia).

Toped, Maskot Tokopedia

Maskot Tokopedia bernama Toped dimana merupakan gabungan dari buku, kantong belanja, dan burung hantu. Buku sebagai lambang dari ensiklopedia, kantong belanja sebagai lambang tempat toko-toko belanja online, dan burung hantu sebagai lambang dari kecerdasan dan kebijaksanaan serta burung hantu juga memiliki kemampuan untuk melihat ke segala arah. Dengan maskot ini, diharapkan Tokopedia dapat melihat dari segala sudut, baik penjual maupun Toppers.


Promo

Promo Tokopedia

Tokopedia menyediakan berbagai macam promo yang membuat para pengunjung semakin tertarik untuk melakukan pembelian di Tokopedia. Desain promonya pun menarik dengan maskot Tokopedia, Toped yang dibuat sesuai dengan promonya, sehingga hal ini menjadi salah satu poin tambahan Tokopedia. Tidak perlu menuliskan Tokopedia, namun hanya dengan melihat maskotnya kita pun sudah tahu bahwa ini merupakan promo dari Tokopedia.


Brand Ambassador

Brand Ambassador Tokopedia

Tokopedia menggunakan brand ambassador untuk mendukung e-commerce nya. Pada tahun 2014, Tokopedia memilih Chelsea Islan sebagai brand ambassador nya dimana ia merupakan artis muda berbakat yang turut memajukan karya asli Indonesia. Pada tahun 2015, Tokopedia secara resmi menggandeng Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador nya yang juga merupakan seorang penyanyi muda yang sedang naik daun dan memiliki semangat yang besar.


Brand Positioning Statement

Brand Positioning Tokopedia

Tokopedia ingin memposisikan dirinya sebagai e-commerce yang dapat dipercaya oleh masyarakat dengan cara fokus pada kebutuhan konsumen, membentuk mindset masyarakat Indonesia bahwa belanja online di Tokopedia aman dan bisnis online merupakan cara belanja baru yang dapat memudahkan konsumen tanpa adanya rasa takut, serta sebagai wadah bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Tokopedia ingin membangun Indonesia yang lebih baik melalui internet.


Tokopedia
Shaping Better Indonesia through the Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar